Laporan Kunjungan Koran Sindo Ke
Sekolah Bodhi Dharma
Nama : Joe Phang R.
Kelas : XI Adhitthana
Sekolah : SMAS Bodhi Dharma
Pada Selasa, 26 januari 2016 Anggota
Koran Sindo berkunjung ke sekolah Bodhi Dharma, dalam acara Koran Sindo Goes To
School. Mereka sudah berkunjung ke 4 sekolah, dalam acara ini mereka berharap
peserta didik dapat tertarik dengan dunia jurnalistik. Mereka juga memperkenalkan
diri mereka masing-masing, ada Pak
Hamid selaku Quality Checker, kak Noni selaku Marketing, Bang Septian selaku
Designer Koran, Kak Mirza selaku Distributor, Bang Agung selaku Fotografer, dan
Kak Deden.
Pertama, kak Noni menjelaskan
kungggulan-keunggulan Koran Sindo disbanding koran yang lain. Yaitu Koran Full
Color, Terbagi menjadi 7 Kolom, ada 28 halaman (24 Halaman setiap hari sabtu
dan Minggu), dan terbit setiap hari. Koran Sindo juga 1 grup dengan Kelompok
MNC Media. MNC Media memiliki berbagai penyiar diberbagai perangkat, yakti di
Radio, Koran, Tabloid, dan lain-lain.
Kak Noni juga menjelaskan setiap
harinya koran Sindo Kepri menerbitkan 20.000 Cetak per harinya. Koran Sindo
juga mendapat penghargaan 4 medali emas (Gold), 2 medali perak (Silver), dan 2
medali perunggu (Bronze).
Lalu Pak Hamid yang berbicara yang didepan, beliau menjelaskan bahwa di
bulan-bulan berikutnya Koran sindo menyiapkan ruang koran untuk karya siswa/i
Kepri.Pak Hamid juga menjelaskan cara menilai Koran, yaitu Straight News (
Gaya Menulis ), Bagian Koran (Terdiri
dari : Judul, Teras Berita (Head), Kutipan Langsung dan Tidak Langsung, dan
penjelasan materi seperti Piramida Terbalik), Panjangnya Paragraf, Objektifitas
(Susunan Fakta).
Pak Hamid Juga Menjelaskan apa saja
yang layak menjadi berita dikoran. Ada hal-hal yang harus dinilai yaitu
Penting, Aktual (Terbaru), Unik, Proximity (Asas Dekat), Prominence (Asas
Ketenaran), dan Human Interest. Saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dari
kata-kata di atas.
Penting, adalah hal yang wajib
dikoran memberi informasi yang PENTING kepada pembaca setiap harinya. Aktual
(Terbaru), hal ini tentu hal yang dituntut oleh masyarakat. Unik, hal-hal yang
mungkin pembaca tidak tahu adalah hal yang dapat membuat pembaca merasa
tertarik akan koran tersebut. Proximity (Asas Dekat), yang dimaksud adalah
tidak mungkin koran yang dibatam membahas hal-hal yang diluar Negara apalagi
beda alam. Prominence (Asas Ketenaran), disini yang dimaksud adalah hal-hal
yang terkenal dikalangan masyarakat sekitar. Human Interest, adalah
keinginan-keinginan manusia yang selalu muncul tanpa hentinya adalah hal yang
baik agar pembaca semakin tertarik.
Sekian adalah hal-hal yang dapat
saya pelajari dari Goes To School dari Koran Sindo Batam, maaf akan
kesalahan-kesalahan, kesalahan pemilihan kata dan kata-kata yang berkenan. Saya
tutup dengan Salam Buddhis, Namo Sanghyang Adi Buddhaya Namo Buddhaya.
#Spesial Posting :v
#Spesial Posting :v
Tidak ada komentar:
Posting Komentar